Tips Trik · Ubuntu

Cara Memperbaiki Grub Ubuntu & Linux Mint yang rusak dengan Boot Repair

Cara Memperbaiki Grub Ubuntu & Linux Mint yang rusak dengan Boot Repair.  Ini berdasarkan pengalaman saya ketika windows saya bermasalah dan terpaksa harus di install ulang. Setelah selesai install ulang widows selesai dan reboot betapa terkejutnya saya, grub linux mint saya hilang. Akhirnya saya mencoba mencarinya di google dan menemukan beberapa tutorial cara memperbaiki grub ubuntu.

Sekian tutorial saya baca dan tertarik untuk mencoba cara memperbaiki grub ubuntu dengan Boot-Repair yang ada di websitenya ubuntu.com disini https://help.ubuntu.com/community/Boot-Repair. Sebenarnya ada 2 cara untuk memperbaikinya, tetapi menurut saya ini yang praktis. Saya akan bahas cara yang satunya.

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki grub ubuntu dan linux mint dengan boot-repair. Pastikan anda telah memilihi Installer Linux baik CD atau Flashdisk, jika belum anda dapat membuatnya ( Cara Membuat Bootable Flashdisk Linux Mint dan Ubuntu di Windows dengan UNetbootin )

  • Boot CD / USB installer Ubuntu / Linux Mint
  • Pastikan ada koneksi internetnya, kemudian klik Terminal dan ikuti (tekan ENTER disetiap baris)
    sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
    sudo sed 's/trusty/saucy/g' -i /etc/apt/sources.list.d/yannubuntu-boot-repair-trusty.list
    sudo apt-get update
    sudo apt-get install -y boot-repair && (boot-repair &)
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai Jalankan applikasi Boot-Repair. Maka akan tampil seperti dibawah ini

    memperbaiki grub ubuntu linux mint rusak boot repair
    memperbaiki grub ubuntu linux mint rusak boot repair
  • Langkah selanjutnya klik “Recommended repair”, Ketika proses selesai makan akan reboot dan grub ubuntu anda akan kembali.
Leave a Reply

