Uncategorized

Cara Mengatasi Layar Blank Lenovo IdeaTab A3300 dengan Hard Reset

Bermula ketika adik saya memainkan game dan taraaaaa…. layarnya blank saat tapi saya masih melihat bahwa layar masih hidup. Saya tidak tahu apa permasalahannya dimana? kalau RAM sudah 1GB kemungkinan kecil apa GPUnya ya? akhirnya coba-coba browsing dan menemukan cara hard reset Lenovo IdeaTab A1000 akhirnya saya lihat2 ternyata hampir sama cuma cara untuk menekan tombolnya yang berbeda simak video berikut ini…

Untuk dapat sharing dengan sesama pengguna Lenovo IdeaTab A3300 gabung saja di Grub Facebook Lenovo A3300 Indonesia disini https://www.facebook.com/groups/1496529830577323/ atau ke Kaskus dimari [Waiting Lounge] Lenovo Tab A3300

Berikut cara mengatasi Layar Blak Lenovo IdeaTab A3300

(Oh ya Kebetulan kemarin saya ke Service Center Lenovo dan tanya ke CSnya Lenovo, CSnya bilang kalau itu hanya masalah di sorfware saja. Dan CSnya menyarankan untuk upgrade software. Mas-mas CSnya juga bilang bahwa Lenovo A3300 sudah ada upgrade ke Android Kitkat. Jika tidak bisa anda melakukan upgrade sendiri bisa minta tolong ke Service Center Resmi Lenovo. Untuk upgrade ini katanya sekitar 2 hari dan biaya saya lupa tanya karena kemarin kesana untuk keperluan lain. pada tanggal 1 Juli kemarin Lenovo IdeaTab A3300 saya mendapatkan update firmware. Nanti saya update lagi ketika saya sudah upgrade ke Android Kitkat)

  • Cara Pertama berdasarkan thread kaskus disini 

    Solusi Layar Blank Lenovo Ideatab A3300
    Solusi Layar Blank Lenovo Ideatab A3300
  • Cara Kedua (Hard Reset)
  1. Buka penutup belakang tempat menempatkan SIM, nah diatas itu ada lobang kecil gan tekan disitu pake jarum pelan aja sampai ada rasa teg seperti mencet tombol bisanya.  PELAN2 SAJA
  2. Setelah langkah ini tablet akan mati, selanjutnya agan hidupkan dan tara akhirnya benar lagi neh tablet. Cuma saya masih penasaran dengan permasalahan layar blank ini.
Solusi Layar Blank Lenovo A3300
Solusi Layar Blank Lenovo A3300 (Klik Gambar untuk memperbesar)

Alhamdulilah sekarang normal-normal saja…

Saya melakukkan hard reset ini berhasil dan data contact telephone dan game tidak hilang, oh ya saya tidak bertanggung jawab kalau ada apa2 yah… hanya sekedar share saja. Jika tidak yakin lebih baik dibawa saja ke Service Center Resmi Lenovo. Terima kasih.

Berdasarkan sebuah post Kaskus disini juga ada yang mengalami kasus layar blank dan ada solusinya juga http://www.kaskus.co.id/thread/52226fa61f0bc3f03d000002/official-lounge-lenovo-ideatab-A1000/117

Solusi Layar Blank Lenovo IdeaTab A3300
Solusi Layar Blank Lenovo IdeaTab A3300

Nah nemu di GRUP FACEBOOK ada solusi lagi dari agan Sarcat Xgangsa yang mungkin bisa dicoba ketika layar blank.

Solusi Blank Lenovo A3300
Solusi Blank Lenovo A3300

Detail Spesifikasi Lenovo IdeaTab A3300

Tipe Prosessor MTK 8382M
Kecepatan Prosessor Quad Core 1.2GHz
Ukuran Layar 7 inch
Tipe Layar IPS Multi-touch
Resolusi Layar 1024 x 600
Memori Internal 8 GB, 1 GB LP DDR2
Tipe Kartu Memori micro SD
Maks. Kapasitas Penyimpanan Hingga 32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang : 2 MP
  • Kamera Depan : 0.3 MP
Format Foto JPEG
Audio MP3, WAV, WMA, AAC player
Video MP4
Speaker 2 x Speakers dan mic jack, Microphone
Koneksi Nirkabel
  • WiFi
  • Bluetooth
Antarmuka / Interface Micro USB (OTG function) 3.5 mm audio jack
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 3500 mAH
Sistem Operasi Android 4.2 Jelly Bean
Dimensi 198 x 119.8 x 10.5 mm
Berat 327 g
Lain-lain
  • SNS integration
  • A-GPS support
  • Photo viewer/editor
  • Document viewer
  • Organizer
  • Predictive text input
  • SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
46 thoughts on “Cara Mengatasi Layar Blank Lenovo IdeaTab A3300 dengan Hard Reset

  1. mau nanya… lenovo a3300 saya jg sering blank kayak gini.. klo di hard reset efeknya apa ya?? trus mencet tombol hard resetnya dalam posisi tab nya off atau ON?

    1. kemarin itu pengalaman saya waktu Lenovo IdeaTab A3300 dipakai main game sama adik saya layarnya blank gak bisa diapa2in. tapi saya masih lihat kalau layar tsb hidup. jadinya nyari solusi gimana biar normal lagi nah nemu video tersebut terus aku coba untuk resetnya dan alhamdulilah berhasil tablet hidup lagi (gamen2nya juga gak hilang dan sampai sekararang normal2 saja buat game).

      jadi ketika tekan tombol reset dibelakang (posisi tablet dalam keadaan blank gak bisa diapa2in) itu nanti tablet mati (mungkin fungsinya seperti matiin paksa), lalu langkah selanjutnya hidupkan tablet. coba simak video yang saya post disitu. disitu dia stuck dilogo lenovonya 2 kali di coba reset dan akhirnya dia coba factory reset dan berhasil… atau ke service center resmi lenovo saja mumpung masih garansi, baru buka dijogja sepertinya (Lenovo Service Center Ruko Yap Square Blok B8, Jl. C. Simanjuntak, Yogyakarta)
      ini infonya http://info-lenovo.com/events/lenovo-resmikan-service-center-pertamanya-di-yogyakarta/ atau coba tanyakan di https://twitter.com/Lenovo_ID atau https://www.facebook.com/LenovoID

      sampai sekarang saya masih penasaran dengan layar blank tersebut. masalahnya adik saya cuma main game POU ini https://play.google.com/store/apps/details?id=me.pou.app
      itukan cuma game ringan gan bisa blank gitu. trs tak tanya berapa lama dia main katanya cm 1 jam.

      nah kalau agan waktu layarnya blank itu diapain biar normal?

      1. kemarin saya juga dikasih tau sama CSnya lenovo itu cuma masalah software saja. dan mas2nya juga menyarankan untuk upgrade software dan sekarang lenovo A3300 juga sudah disediakan upgrade ke Android Kitkat. cuma saya juga belum upgrade…

  2. bang, ane jga sering bgd ngalamin layar blank item n putih di tab leny, cma bisa normal lgi klo tekan tmbol power. Klo di hard reset itu smua aplikasi installan hilang g bang?? ane rda cemas nih,, tpi abang bilang klo game2 nya ga ilang tuhh

    1. game2nya gak hilang gan kalau di hard reset. hard reset pada kasus saya itu bukan solusi untuk mengatasi layar blank jadi itu hanya solusi ketika blank selain tekan tombol power. nah kebetulan kemarin ane ke service center resmi lenovo, CSnya bilang itu hanya masalah di software aja jadi coba agan update softwarenya… CSnya juga bilang kalau sudah ada upgradde ke Android Kitkat… monggo dicoba gan… cuma saya juga belum update ke kitkan… besuk saya tulis disini kalau sudah update baru kemarin soalnya…

  3. Thx gan atas info yang ke 2 … udh 3 hari tablet ane gk bsa idup alias mati dan gk bsa dinyalain setelah pke cara yg ke 2 skrng tab ane bsa dipake lagi 😀

  4. Thanks a lot untuk info nya ..
    Sangat2 membantu . Never aware about the reset button before. Other site just mention about hard reset only. Thanks a lot again!! 🙂

  5. tolong nanya niih… lenovo a7/3300 pas abis beli ak pasang sim card+micro SD, buka galeri no respon.. trus ak matiin trus ak nyalain lagi ndak mau, skrg di hidupin nggak bisa. solusinya gimana nih ??? thanks

  6. Info yang sangat bermanfaat mas, saya beli baru 1 bulan, saya pakai main game Asphalt 8 sebentar, saya keluar dari game, ada notif kalau SD card telah di remove, trus saya matikan tuh tab, setelah itu saya panik layarnya ga hidup lagi, saya tekan power tidak ada tanda2 kehidupan, akhirnya saya nemu info ini, saya hard reset di dekat slot micro sd (dalam keadaan saya charge tuh tab) alhamdulillah nyala normal seperti semula. kalau saya pencet tidak saya charge, hp tidak hidup mas. makasih sharing ilmunya mas, sangat bermanfaat sekali 🙂

  7. bagaimana cara megatasi Tablet Lenovo ideatab A3000 yang mati total , hanya ada tulisan Lenovo saja ketika di tekan tombol buat hidupin

  8. gan kan tablet lenovo ane lagi mau buat video, tiba tiba ngehang, trus ngehangnya dlm keadaan mati …pas aneh hidupin tombol power ,tetep kagak nyala ..lalu ane coba cara ini tapi tetep kagak bisa???

  9. mau nanya. knpa y tab A 3300 saya kalo data nya di nyalakan layarnya suka ngeblank tp kalo datanya mati tidak apa apa,gimana cara ngatasinnya..??

    1. coba masuk ke grub facebook yang saya share itu mbak. terus tanya2 mungkin ada yang pernah mengalami juga. soalnya belum pernah mengalami yang seperti itu. kalau saya mungkin saya coba restart dulu, kalau restart gak bisa saya factory reset (Setting ==> Backup & Reset ==> Factory Data Reset) ini berfungsi mengembalikan seperti baru jadi data kontak game fb dll hilang, kalau gak bisa coba ini https://www.youtube.com/watch?v=z6WzYhVpuCg kalau gak bisa ke service center

  10. selamat pagi.. mau tanya.. hp aq lenovo a7000plus aq flash upgrade rom.. lcd blnk putih.. coba pake lcd a7000 ada tampilan tapi TS tidak berfungsi.. apa harus ganti lcd.. atau ada solusi lain.. gan..

    1. mau nanya itu pas posisi flash upgrade bermasalah tidak hpnya? kalau sebelumnya tidak ada masalah kemungkinan romnya yang ada masalah atau proses flashnya. coba agan join saja ke grub facebooknya lenovo a7000plus… atau coba ganti rom gan, mungkin romnya gak cocok?

  11. mas mau nanya , lenovo tab 2 a7 saya nge hang gitu tapi bersuara , saya abis dengerin lagu tiba tiba mati tapi bersuara sampe sekarang terus bersuara minta solusinya kak harus diapain

    1. coba pakai cara kedua. atau kalau gak ke service center lenovo saja…

      Cara Kedua (Hard Reset)
      Buka penutup belakang tempat menempatkan SIM, nah diatas itu ada lobang kecil gan tekan disitu pake jarum pelan aja sampai ada rasa teg seperti mencet tombol bisanya. PELAN2 SAJA
      Setelah langkah ini tablet akan mati, selanjutnya agan hidupkan dan tara akhirnya benar lagi neh tablet. Cuma saya masih penasaran dengan permasalahan layar blank ini.

    1. banyak faktor masalahnya mbak krg tahu juga. bisa softwarenya bisa hardware (touchscreennya)… kalau buat game bagian itu bisa tidak? mksdnya bagian tempat huruf d dan x itu touchnya masih berfungsi tidak? atau cuma pas pakai keyboard (ngetik) saja?

  12. mas mau nanya saya awalnya tab saya ini normal. nah ada notif upgrade firmware sebesar 4mb. begitu selesai langsung install otomatis, setelah itu ada tulisan error, boot sampe logo lenovo abis itu mati. jadi masalahnya gabisa boot kaya biasanya. ini stuck sampe logo. ga muncul menu2 aplikasi

Leave a Reply

